Minggu, Januari 20, 2019

Blok Semua Situs dan Hanya Satu Situs yang dapat Diakses Menggunakan Mikrotik

Blok Semua Situs dan Hanya Satu Situs yang dapat Diakses Menggunakan Mikrotik
Ditulis Oleh I Made Budiawan
 

caricaricara.com - Blok suatu situs adalah cara terampuh untuk mengatasi kenakalan para anak millenials saat ini, apalagi situs-situs yang memang sengaja tidak boleh untuk diakses untuk kalangan millenials yang masih di bawah umur.

Dibeberapa sekolah sering ditemui akses terhadap suatu situs itu terlarang misalnya saja youtube. Youtube adalah tontonan video yang sangat populer saat ini. Dengan youtube semua siswa dapat belajar dengan video-video tutorial yang dibuat oleh para konten creator namun lain halnya dengan siswa yang malas belajar. Mereka sering menyalahgunakan layanan internet yang ada disekolah untuk mencari situs-situs kurang bermanfaat bagi dirinya.

Dari situ para operator sekolah melakukan pemblokiran suatu situs agar para siswa tidak menggunakan internet untuk membuka situs-situs yang kurang berguna bagi siswanya. Biasanya para operator sekolah menggunakan alat mikrotik untuk memblokir situs-situs yang seharusnya perlu diblokir. 

Pada tutorial ini admin akan membahas mengenai Cara Blokir Semua Situs dan Hanya beberapa situs yang dapat diakses oleh siswa. Untuk mengetahui langkah-langkahnya langsung saja menuju ke step-by-stepnya.  

Blok Semua Situs dan Hanya Satu Situs yang dapat Diakses menggunakan mikrotik


Pastikan semua alat yang dibutuhkan sudah siap.
Topologi yang digunakan dalam praktik kali ini bisa dilihat dibawah.
Langkah-langkah : 
Konfigurasi dilakukan menggunakan software winbox. 
Silakan login pada winbox. Karena baru pertama melakukan konfigurasi maka pilih mac address dari mikrotik yang digunakan. Gunakan username admin dengan password dikosongkan. Lihat gambar!  

Karena port 1 sudah terkoneksi internet maka secara otomatis port 1 sudah terdapat layanan dhcp maka selanjutnya adalah merequest dhcp client dari port 1 tersebut agar mikrotik mendapatkan alamat Ip. Caranya buka tab IPDHCP clientklik ikon tambah (+). Lihat gambar!
Pilih Interface ether1 lalu apply. Lihat gambar!
Berikutnya membuat ip address untuk ether2 yang nantinya akan tersambung dengan computer client. Caranya klik menu IpAddressKlik ikon tambah(+). Lihat gambar!.
Buat ip address yang akan digunakan pada ether2 dan untuk interfacenya pilih ether2. Lihat gambar!
Selanjutnya masih pada menu Ip kemudian pilih tab FirewallNATklik tanda tambah(+). Lihat gambar!.
Pindah ke tab action. Pada tab action, Actionnya adalah masquerade. Lihat gambar!.
Agar computer klien mendapatkan ip address secara otomatis buatlah sebuah layanan dhcp caranya masih pada menu IP lalu pilih tab DHCP serverdhcp setup. Lihat gambar!.
Untuk Dhcp Server interface pilih ether2, Dhcp address give out gunakan antara 2-254, Gateway gunakan ip address ether2 mikrotik, Lease time biarkan seperti default, dhcp address space gunakan network daripada ether2, untuk dns server gunakan dns server yang telah diberikan melalui intenet service provider. Lihat gambar!.
Silakan reboot mikrotik agar konfigurasi dapat berjalan. Caranya pindah pada menu SystemReboot. Setelah mikrotik selesai reboot silakan cek ip address pada computer klien. Bisa dilakukan menggunakan cmd dengan cara mengetik ipconfig. Lihat gambar!.
Nah untuk lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tahap blok situs, cek terlebih dahulu internet dan beberapa situs apakah masih lancar untuk di akses. Lihat gambar!.
Masuk kembali pada konfigurasi mikrotik, pada menu IP pindah ke tab firewall kemudian Layer 7 Protocols dan pilih tanda tambah (+). Lihat gambar!.
Pertama coba blok situs facebook terlebih dahulu. Pada Regexp silakan tulis nama situs yang ingin di blok. Terus untuk name silakan isi sesuai keinginan dan diingat. Ini hanya sekedar penamaan saja dan tidak akan berpengaruh pada hasil. Lihat gambar!.
Sekarang pindah ke tab Filter Rules lalu klik tanda tambah(+). Lihat gambar!.
Pada tab general isi src. Address dengan network dari pada ether2, Kemudian pindah ke tab advance, pada layer 7 protocols ini pilih nama yang telah dibuat sebelumnya pada saat mengisi domain di regexp. Pindah lagi ke tab action disini gunakan action drop untuk memblok situs tersebut. Lihat gambar!.
Selanjutnya coba akses situs yang diblok tadi menggunakan computer klien. Apakah situsnya tidak dapat diakses ?. Lihat gambar!.
Yang kedua adalah mencoba memblok semua situs yang berawalan www. Caranya pada menu regexp tadi buat situsnya menjadi “www.”  Untuk nama sesuaikan. Lihat gambar!.
Pada tab Filter Rules langkahnya sama kita hanya mengubah pada tab advanced dimana untuk layer 7 protocols isi nama yang telah dibuat tadi. Lihat gambar!.
Cek semua situs yang berawalan www menggunakan computer klien. Apakah masih bisa diakses?. Lihat gambar!.
Yang terakhir adalah memperbolehkan salah satu dari situs yang diblok tersebut dapat diakses. Coba perbolehkan situs facebook agar dapat diakses. Caranya sama buat alamat situs pada tab layer 7 protocols di regexp isi domain situs dan pada tab Filter Rules langkahnya pun sama namun perbedaanya terdapat pada tab action dimana action disini diubah menjadi accept. Lihat gambar!.
Lalu di tab Filter Rules terdapat 2 aturan dimana satu aturan untuk memperbolehkan situs tersebut dan satu lagi membatasi akses ke situs tersebut. Silakan pindahkan aturan yang ada tanda centang biru ke bagian paling atas. Lihat gambar!.
Terakhir silakan akses kembali situs yang telah diperbolehkan tadi dan situs-situs yang dilarang. Lihat gambar!.

Sekian untuk tutorial Cara Blok Semua Situs dan Hanya Memperbolehkan satu situs yang dapat diakses. Semoga wawasan kita semua semakin bertambah ya.. Jangan Sampai ketinggalan artikel menarik lainnya dari kami dengan cara menuliskan email kalian pada kolom email di bawah!. Terima Kasih..

Tidak ada komentar:
Write komentar

Add Your Comment

Blog Archive