Minggu, Mei 06, 2018

Cara Memperkecil Ukuran Render pada Adobe Affter Effects

Cara Memperkecil Ukuran Render pada Adobe Affter Effects
Ditulis Oleh I Made Budiawan
 


caricaricara.com - Hasil Render adobe affter effects memang membuat stress kepala, bagaimana tidak video yang hanya  berdurasi  sekian detik membutuhkan penyimpanan yang sangat besar. Biasanya video yang berdurasi sepersekian detik hanya berukuran ..MB namun tidak pada hasil rendering menggunakan adobe affter effects yang bisa berukuran ...GB. Tentu ini sangat disayangkan bagi mereka yang memiliki komputer dengan penyimpanan yang kecil.
   Setelah penulis googling ternyata ada cara yang bisa dilakukan agar hasil rendering pada adobe affter effects tidak terlalu besar nah salah satu caranya adalah yang akan penulis tulis pada postingan ini.

Cara Memperkecil Ukuran Render pada Adobe Affter Effects 


Untuk dapat memaksimalkan penggunaan penyimpanan dengan memperkecil hasil rendering pada adobe affter effects ini penulis menggunakan dukungan aplikasi milik apple yaitu QuickTime dan adobe after effects CC 2017. Walau software ini murni milik apple namun aplikasi ini sudah bisa dipasang pada sistem operasi berbasis windows. Bagi yang belum punya aplikasi QuickTime silakan bisa download pada link di bawah ini.

Aplikasi Quick Time : Download Disini

Setelah bahan sudah tersiapkan selanjutnya langsung menuju Olah TKP hehehehe  proses rendering pada adobe affter effects 

Jangan bilang kalau kalian belum membuat video untuk rendering ya. Tapi kalau belum kalian bisa baca : Cara Membuat Gelombang Audio (Audio Spectrum) pada Adobe Affter Effects 

Tahap tahap rendering pada adobe affter effects CC 2017

Pilih Video yang akan diproses untuk rendering.
memilih video yang akan di render
Silakan buka menu file --> export --> add to render queue.
proses penambahan video pada panel queue
Tampilan pada panel queque 
Sekarang atur pada bagian output module. Klik pada tulisan lossless untuk mengatur output modulenya. 
Tampilan pada output module
Ubah pada bagian format, dari format AVI menjadi format QuickTime.
Ubah juga pada bagian Format options. Ubah menjadi tipe MPEG-4 Video atau H.263, H.264.
Mengubah format menjadi Mpeg-4 video atau H.264, H.263.
Untuk yang pertama melakukan rendering terlebih dahulu harus memilih  folder tujuan penyimpanan hasil rendering. Klik pada bagian Not Yet Specified, kemudian tentukan dimana hasil rendering akan disimpan.
Memilih folder penyimpanan setelah proses rendering selesai
Setelah menekan tombol render tunggu hingga proses rendering selesai.
Tekan tombol render 
Di bawah ini adalah hasil sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi dukungan QuickTime.
Hasil menggunakan aplikasi QuickTime (Ukuran file lebih kecil)

Hasil tanpa menggunakan aplikasi QuickTime (Ukuran File lebih besar)

Kesimpulan:
Tanpa menggunakan aplikasi tambahan seperti QuickTime ini hasil rendering dari adobe affter effects akan memerlukan banyak ruang penyimpanan karena memang format dalam rendering pada adobe after effects menghasilkan ukuran yang besar seperti format video AVI. Jadi disarankan untuk yang memiliki komputer dengan penyimpanan yang kecil menggunakan aplikasi tambahan seperti QuickTime ini. 

Sekian untuk postingan kali ini semoga tulisan yang penulis buat ini berguna untuk kita semua. Jangan lupa berlangganan untuk dapat melihat tulisan lainnya dari kami. C U next Article...

Tidak ada komentar:
Write komentar

Add Your Comment

Blog Archive