Kamis, Oktober 26, 2017

Cara Mengembalikan File/Data yang Hilang Karena Computer Virus

Cara Mengembalikan File/Data yang Hilang Karena Computer Virus
Ditulis Oleh Musik Bali
 

caricaricara.com - Virus memang tidak bisa kita anggap sepele karena virus sangat berbahaya untuk kita semua tidak terkecuali komputer pun bisa mengalami serangan virus. Ada banyak hal yang bisa disebabkan oleh Virus Computer seperti hilangnya data, kerusakan software atau hardware namun perusahaan antivirus sudah mengantisipasi itu semua.

Di antara banyak antivirus yang sudah terkenal tentu kita sudah tidak asing lagi dengan antivirus yang bernama smadav. Smadav adalah antivirus yang sudah diguakan oleh banyak orang di indonesia tapi, perlu kamu tahu bahwa dengan memasang antivirus Smadav kemungkinan file yang tersimpan di drive bisa saja hilang secara tiba-tiba atau berubah menjadi shortcut. 


Jadi, intinya artikel ini akan membahas tentang bagaimana mengembalikan file atau data yang tiba-tiba hilang ataupun berubah menjadi shortcut di dalam partisi atau flashdisk.

Cara Mengembalikan File/Data yang Hilang Karena Computer Virus 

Langkah yang digunakan pada pembahasan ini adalah menggunakan perintah Command Line atau istilah dalam komputer adalah CMD (command prompt). Jadi, didalam perintah-perintah yang ada di cmd sudah ada perintah yang bisa kita gunakan untuk mengorganisir suatu file di dalam komputer. Nah, mengenai masalah ini perintah yang digunakan adalah menggunakan perintah attribut file.

langsung saja ke masalah utama, untuk mengembalikan file yang hilang tersebut silakan buka Command Prompt (cmd). Dengan cara menekan tombol windows + R di keyboard. 
                                  
Selanjutnya, kita harus masuk terlebih dahulu ke drive dimana file tersebut hilang. Misalnya file yang hilang ada di drive D; atau F; jadi, cara masuk ke drive tsb adalah dengan mengetikkan perintah cd f: (f: adalah lokasi drive tempat file tersebut hilang).
                                       
Sekarang kita menggunakan perintah attribut yang sempat saya bahas di atas. Ketikkan perintah attrib -s -h /s /d 
                                   
Maka, file yang hilang tersebut sudah bisa kalian lihat kembali. Jika file hilang kembali gunakan perintah yang sama untuk mengembalikan file tersebut.
                                 

Terima Kasih karena sudah berkunjung ke blog ini. Semoga dengan artikel ini wawasan kalian bisa bertambah. Jangan lupa untuk share artikel ini jika artikel ini bermanfaat.

3 komentar:
Write komentar
  1. Trus kalo cara mengetahui apakah di dalam komputer kita ada virus atau tidak, bagaimana cara nya ? Bisa pake CMD apa tidak ?

    BalasHapus
  2. Saya tetep ga bisa, tolong doooong

    BalasHapus

Add Your Comment

Blog Archive