Jumat, September 15, 2017

Cara Sharing File dalam Satu Jaringan (Wired & Wireless)

Cara Sharing File dalam Satu Jaringan (Wired & Wireless)
Ditulis Oleh Musik Bali
 

caricaricara - Teknologi di jaman sekarang ini memang sangat perlu untuk di manfaatkan karena teknologi memang di ciptakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan segala hal. Seperti contohnya Jaringan Komputer adalah kebutuhan primer bagi kita di jaman sekarang ini.

 Kegunaan jaringan komputer bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari seperti yang akan admin tulis pada artikel kali ini. CARA SHARING FILE DALAM SATU JARINGAN.

BACA JUGA : Cara simpan otomatis sharing file di drive tertentu
Sharing file digunakan bagi kalian yang tidak mempunyai flashdisk untuk melakukan transfer data. Banyak keunggulan yang bisa kita peroleh dengan menggunakan sharing file salah satunya hemat biaya, hemat waktu, hemat tempat dan masih banyak lagi. Walau memiliki keunggulan bukan berarti tidak ada kelemahan. Salah satu kelemahan dari sharing file dalam satu jaringan ini adalah jika keadaan jaringan tidak stabil maka akan terganggu juga. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti tutorial di bawah ini.

Untuk mengetahui siapa saja yang terhubung ke dalam satu jaringan kita perlu mengeceknya jadi silakan gunakan command prompt kalian kemudian tuliskan net view seperti gambar di bawah ini
Tampilan di atas berarti ada 4 komputer yang terhubung ke dalam jaringan kita. Mungkin saja bisa lebih dari itu karena yang muncul di daftar di atas adalah komputer yang firewallnya di matikan . Oke lanjut saja ke pembahasan 
BACA JUGA : Cara Mudah sharing printer dalam satu jaringan 
Pertama, Matikan password protected sharing  yang ada di komputer kita agar komputer lain dapat mengakses hasil sharing kita ke tanpa harus memasukkan username dan password dengan cara masuk ke control panel-network and sharing center-change advanced sharing settings-all network-silakan cari password protected sharing. Pada password protected setting pilih turn off password protected sharing. kemudian save changes.
 Pillih folder yang akan di sharing kemudian klik kanan dan pilih share with kemudian specific people...
selanjutnya klik tanda panah bawah kemudian pilih everyone. Everyone di maksudkan agar file bisa terkirim ke semua orang atau komputer. Selanjutnya pilih add.
setelah klik add tadi maka akan keluar tampilan seperti di bawah. Jika orang lain hanya dapat membaca file yang kita sharing maka tetapkan mode permission levelnya menjadi mode read. Sebaliknya jika orang lain dapat membaca dan menulis file sharing kita maka ganti dengan read and write. Selanjutnya pilih share.

Setelah itu folder yang akan di sharing akan terlihat seperti gambar berikut kemudian pilih done.
Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan dari komputer klien cek dari komputer lain dengan cara masuk ke menu run kemudian ketikkan ip dari komputer yang melakukan sharing file tadi kemudian ok.

Maka akan terlihat folder yang di sharing
BACA JUGA : Sharing internet dengan mudah 
Itulah contoh sederhana dari pemanfaatan Jaringan Komputer yang dapat kalian coba. Selain itu ada banyak juga pemanfaatan teknologi jaringan Komputer yang tentunya sangat membantu kita dalam kegiatan sehari-hari. 

Mungkin hanya itu artikel yang dapat saya bagikan untuk kali ini. Nantikan artikel dari caricaricara.com selanjutnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika artikel ini berguna bagi kita semua. Terima Kasih

1 komentar:
Write komentar

Add Your Comment

Blog Archive