Rabu, Januari 04, 2017

Mengenal arti NANO pada debian linux

Mengenal arti NANO pada debian linux
Ditulis Oleh Musik Bali
 

Mungkin beberapa dari kalian pernah bertanya-tanya mengapa saat kita ingin melakukan konfigurasi di linux harus menggunakan awalan perintah nano? Kebanyakan dari kalian hanya bisa praktek tapi tidak tau apa yang kalian kerjakan benar tidak?. Termasuk saya sendiri hehehe.

Sebelum saya mendapat materi ini saya juga tidak tau apa itu nano saya hanya melakukan konfigurasi saja. Trus kalau saat kalian melakukan perintah nano itu error bagaimana apakah kalian harus install ulang ?
CARA INSTALL DEBIAN LENGKAP DENGAN GAMBAR
tentu saja tidak karena nano ini adalah sebuah aplikasi jadi kalian bisa menginstallnya dengan mudah yakni dengan perintah apt-get install nano. Tapi ingat kita harus terkoneksi internet jika tidak ya tidak bisa karena saat install pun nano itu tidak di dapat jadi kita harus update terlebih dahulu.
Image result for nano debian

Pertanyaan lagi: Bagaimana Cara koneksi internet kalau saya tidak bisa konfigurasi di interface ? ada yang bisa jawab tidak ? Biar gak lama saya saja deh ya jawab : Kita bisa membuat ip secara temporary atau sementara dengan perintah IFCONFIG ETH0 ip address/kelas ip contoh: ifconfig eth0 192.168.10.1/24 .

KONFIGURASI ROUTER DAN DHCP DI DEBIAN
Setelah itu kalian bisa update debian kalian dengan cara apt-get update. Setelah itu baru kalian bisa melakukan install nano seperti yang saya jelaskan di atas. Oh ya kita belum tahu ya apa artinya nano? Jadi, nano adalah sebuah text editor kalau kita sering bermain di windows itu namanya notepad. Ada banyak text editor di linux tapi yang sering saya gunakan adalah nano.

Mungkin itu sedikit informasi yang dapat saya bagikan ke kalian semua semoga artikel ini berguna bagi kalian. Tolong tinggalkan komentar jika ada yang kurang di pahami dan share artikel ini jika menurut kalian artikel perlu di sebarkan. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Add Your Comment

Blog Archive