Rabu, April 13, 2016

jenis-jenis antena jaringan komputer

jenis-jenis antena jaringan komputer
Ditulis Oleh Musik Bali
 

Pada pembahasan kali ini saya tidak akan membahas tentang tutorial lagi, tapi pada kesempatan ini saya akan sedikit memberi ilmu ke kalian semua sebenarnya sih saya juga belum terlalu bisa dengan materi ini. Karena saya di minta oleh guru saya membuat artikel ini jadi saya membahas tentang materi. Tapi ada baiknya juga saya di suruh membuat artikel ini karena saya bisa sambil belajar dari apa yang saya buat. Banyak sumber yang harus saya cari untuk membuat artikel dan menambah ilmu saya yang pasti tidak hanya satu. Baiklah yang akan saya bahas kali ini adalah tentang Antena pada jaringan-jaringan komputer.
Antena adalah suatu alat listrik yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik kemudian memancarkannya ke ruang bebas atau sebaliknya yaitu menangkap gelombang elektromagnetik dari ruang bebas dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Antena juga tergolong sebagai Transduser karena dapat mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya.
Antena merupakan salah satu komponen atau elemen terpenting dalam suatu rangkaian dan perangkat Elektronika yang berkaitan dengan Frekuensi Radio ataupun gelombang Elektromagnetik. Perangkat Elektronika tersebut diantaranya adalah Perangkat Komunikasi yang sifatnya tanpa kabel atau wireless seperti Radio, Televisi, Radar, Ponsel, Wi-Fi, GPS dan juga Bluetooth. Antena diperlukan baik bagi perangkat yang menerima sinyal maupun perangkat yang memancarkan sinyal. Dalam bahasa Inggris, Antena disebut juga dengan Aerial. Satuan kekuatan dalam memfokuskan gelombang elektromagnetik adalah dBi (decibel isotropic) dan secara umum jenis antena ada dua yakni Directional dan Omni Directional.
Antena Directional
Merupakan jenis antena narrow beam width, atinya hanya memiliki sudut pancaran yang kecil namun lebih terarah. Contoh antena directional adalah seperti antena satelit parabola, wajan bolic, Grid, Yagi, Antena Sectoral dan sebagainya. 
Antena Omni directional
Merupakan jenis antena wide beam width yang memiliki sudut pancaran yang lebih besar, namun jaraknya lebih pendek. Jadi antena ini digunakan untuk mengirim atau menerima sinyal kesegala arah. Contohnya seperti antena untuk pemancar hospot, Antena HP, Dipole san sebagainya.

Berikut akan di bahas untuk lebih jelasnya
Antena Omni
antena omni
Jenis antena ini banyak dipakai sebagai penerima atau transmitter (pemancar) FM. Pada TV jadul antena ini juga masih banyak digunakan. Hanya saja jika dipakai untuk menerima saya rasa kurang efektif. Karena belum terarah atau terfokus. Oleh sebab itu untuk antena ini sekarang sudah jarang dipakai sebagai penerima.
keunggulan:
  1. antena ini bisa menerima dan memancarkan sinyal sejauh 1-5 km
  2. antena ini dapat memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik dalam jangkauan yg luas dg coverage 360 derajat dan hanya kuat pada bagian bawah
kekurangan :
proses konneksi ke internetnya lama, karna terlalu banyak membagi-bagi sinyal di 360tersebut
Antena Grid
antena grid
Antena ini banyak digunakan untuk menerima sinyal wifi, karena signal yang diterima difokuskan pada titik tertentu. Namun seiring dengan perkembangan zaman antena grid juga banyak dimodifikasi untuk menangkap jaringan EVDO, 3G atau HSPA.
keunggulan : 
  1. harga lebih murah dari antena omni
  2. jarak pancaran sinyal lebih jauh
kekurangan :
  1. Daerah persebaran sinyal relatif lebih kecil dari pada antena omni yaitu sekitar 15 derajat.
  2. Sulit memasang agar mendapatkan sinyal yang bagus untuk jarak tembak sinyal yang sangat jauh
Antena Yagi
antena yagi
Antena ini banyak dipakai untuk menerima sinyal elektromagnetik dari pemancar Radio atau TV Telestrial (UHF/VHF). Namun seiring dengan perkembangan zaman antena ini juga banyak dipakai untuk menguatkan sinyal Handphone maupun modem HSPA.
keunggulan:
  1. Penguatan dapat diatur sesuai keburuhan
  2. Penggunakan perinsip antenna direksional
  3. Bias digunakan pada frekuensi tinggi
kekurangan :
  1. Bahan untuk merangkai cukup banyak
  2. Pembuatan dan perhitungan relative sulit
Antena Wajan bolic

 antena ini adalah jenis antena yang bisa kita gunakan untuk menangkap signal wifi maupun 3G dari BTS terdekat. Jenis antenna ini sering digunakan di sisi client pada jaringan RT/RW-net, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005, untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz.

keunggulan :
  1. Jaringan lebih cepat daripada modem
  2. Dapat di pasang dengan cepat dan mudah sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak.
  3. Murah
kekurangan : 
  1. Karena berupa 'solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat
  2. Level daya yang dipancarkan tidak bisa dikendalikan dengan baik.
  3. Tidak sesensitif antena parabola asli dalam menangkap gelombang sinyal
  4. Tidak tahan lama, harus melakukan kalibrasi ulang berkali-kali.
Antena Sectoral
Merupakan jenis antena yang banyak dipakai untuk access point. Jadi dengan antena ini kita bisa menerima atau mengirim signal hospot/ wifi. 

keunggulan :
  1. Relative berbiaya rendah
  2. Relative lebih aman
  3. Reabilitas
kekurangan :
  1. Kurang fleksibel jika ada ekspansi
  2. Mobilitas yang kurang
  3. Kelemahan pada konfigurasi
Antena parabola
Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radiotelevisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik. Panjang gelombang energi (radio) elektromagnetik yang relatif pendek pada frekuensi-frekuensi ini menyebabkan ukuran yang digunakan untuk antena parabola masih dalam ukuran yang masuk akal dalam rangka tingginya unjuk kerja respons yang diinginkan baik untuk menerima atau pun memancarkan sinyal.

keunggulan :
transmisi lebih mudah diterima
sangat cocok untuk menangkap gelombang di tempat-tempat yang jauh dari pusat transmisi. 
kekurangan :
  1.  harga yang mahal untuk peralatan yang dibutuhkan
  2. tidak bisa langsung membagi saluran jika di dalam satu rumah memiliki dua atau lebih perangkat
  3. Antena parabola dapat mengalami gangguan dalam menerima transmisi jika cuaca terlalu buruk
demikianlah materi yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua. materi ini saya dapatkan dari berbagai sumber di internet jadi, jika kalian banyak membaca di internet mungkin kalian bisa mendapatkan banyak ilmu.Semoga dengan ilmu yang kita pelajari kita bisa dapat mejalanani masa depan yang semakin berkembang ini jujur sebenarnya saya tidak terlalu suka membaca di internet tapi kalau buku sih agak lumayan suka tapi sedikit juga. heheheheeh.....

Tidak ada komentar:
Write komentar

Add Your Comment

Blog Archive