Sabtu, Februari 06, 2016

Cara Install Mikrotik Menggunakan Virtual Box

Cara Install Mikrotik Menggunakan Virtual Box
Ditulis Oleh Musik Bali
 

caricaricara.com - Mikrotik adalah sebuah sistem operasi/perangkat lunak yang digunakan oleh beberapa perusahaan ataupun sekolah sekolah untuk mengatur jaringan mereka. Mikrotik digunakan karena sangat handal dan mudah untuk dikonfigurasi dibandingkan windows server maupun linux.
Biasanya untuk menkonfigurasi sistem operasi mikrotik menggunakan alat mikrotik langsung namun pada tutorial kali ini admin akan menggunakan bantuan virtual box untuk melakukan pemasangan mikrotik. Walaupun hanya menggunakan virtual box tapi hasilnya akan sama seperti menggunakan mikrotik fisik dan keuntungan menggunakan virtual box ini hanya sedikit menghemat biaya kalau tidak mampu membeli mikrotik yang harganya kurang lebih 700rban.   

Sebelum melakukan instalasi mikrotik di virtual box ini pastikan sudah menyiapkan bahan-bahan seperti di bawah ini :
Setelah sebuah kebutuhan terpenuhi  selanjutnya langsung menuju ke pembahasan utama.

Cara Install Mikrotik Menggunakan Virtual Box

Pastikan teman teman semua sudah membaca artikel "Cara Install Sistem Operasi Menggunakan Virtual Box"  karena langkah selanjutnya akan dipengaruhi  oleh tutorial di atas.
Anggap saja teman teman sudah mengerti Cara Install Sistem Operasi Menggunakan Virtual Box. Langkah berikutnya adalah mengatur konfigurasi pada sistem operasi yang akan kita install. 
Silakan buka tab Storage untuk memasukkan file iso mikrotik yang telah teman teman unduh tadi dengan cara memilih logo cd pada storage tree lalu tekan lagi logo cd pada Attributes kemudian choose a virtual cd/dvd disk files (Pilih CD/DVD file virtual disket).
Jika sudah teman teman bisa langsung pindah ke tab network yaitu tab di mana teman teman menentukan berapa interface yang akan dibuat contoh kalau di komputer asli itu namanya ethernet card jadi jika ingin membuat server dengan 2 ethernet card kalian bisa mencentang 2 adapter sekaligus. Untuk penentuan atau arah kabel silakan sesuaikan. Jika bridge mengarah ke virtual box atau host only adapter artinya teman teman akan mengatur melalui komputer server ini sedangkan jika memilih attach to adapter misalnya d-link berarti teman teman harus mengatur pada komputer yang menjadi klien (kabel yang terhubung ke arah bridge tadi). admin sarankan untuk mencentang 2 adapter, adapter 1 bridge ke adapter dari internet dan yang 2 bridge ke host-only-adapter agar teman-teman tidakmenggunakan 2 komputer sekaligus.
adapter 1 (admin bridge menuju ethernet card yang bernama Athereos....)
adapter 2 (admin bridge menuju virtual box host only ... agar admin dapat konfigurasi melalui komputer admin)
Jika telah selesai melakukan pengaturan klik tombol oke, kemudian jalankan sistem operasi yang telah di buat tadi dengan cara memilih tombol start.

Untuk memilih semua paket yang akan di install silakan tekan tombol A di keyboard dan lalu untuk melakukan install tekan huruf i. Selanjutnya pilih saja y.
Kekurangan dalam menggunakan virtual box ini adalah teman teman harus menghapus cd installasi setelah instalasi selesai dilakukan. Caranya tekan menu Devices -->CD/DVD Devices lalu Remove disk from virtual drive.
Silakan Login menggunakan username : admin dan untuk passwordnya jangan diisi.
Setelah sampai pada tahap diatas artinya installasi mikrotik menggunakan virtual box sudah selesai. Untuk melihat konfigurasi mikrotik yang lainnya silakan lihat pada daftar artikel kategori mikrotik pada link di bawah ini :

Klik Link ini untuk menampilkan Lebih banyak Artikel Mengenai Mikrotik.

Teman teman baru saja membaca artikel Cara Install Mikrotik Menggunakan Virtual Box. Jangan lupa tulis E-mail teman teman semua pada form di bawah agar teman teman semua tidak ketinggalan artikel menarik kami yang lainnya. 

Tidak ada komentar:
Write komentar

Add Your Comment

Blog Archive